Panduan Membeli Rumah Menggunakan KPR

Info Property yang kami bahas kali tentang cara dan tips membeli rumah menggunakan KPR. Hasil survey dari berbagai sumber bahwa setiap keluarga tentu ingin memiliki rumah idaman tersendiri. Tinggal berlama-lama di rumah kontrakan ataupun di rumah mertua sudah tentu tidak nyaman rasanya. Tetapi memang harga rumah tidaklah murah walaupun ada begitu banyak iklan yang menawarkan rumah yang dijual pada media-media tertentu, mulai dari majalah, koran, televisi hingga internet, bahkan mereka banyak sekali menawarkan hal-hal yang dapat menarik perhatian calon pembelinya contohnya seperti sudah dilengkapi dengan asuransi properti dan rumah yang membuat nyaman calon penghuni rumah tersebut tentunya. Harga rumah justru semakin terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahunnya. Nah, untuk itu tidak perlu berkecil hati bila memang anggaran untuk membeli rumah yang anda miliki belum mencukupi. Masih ada cara lainnya untuk mendapatkan rumah idaman yaitu dengan memanfaatkan KPR (Kredit Pemilikan Rumah).

KPR atau Kredit Pemilikan Rumah adalah jenis kredit yang disediakan untuk mem- beli rumah. Dengan cara memanfaat-kan kredit seperti ini, se-seorang hanya perlu mem-bayarkan sejumlah uang muka untuk pembelian rumah dan sisanya akan di bayarkan oleh pihak bank kepada pemilik rumah dijual tersebut. Selanjutnya pembeli rumah yang memiliki kewajiban untuk mengembalikan sejumlah uang yang telah dibayarkan oleh pihak bank dengan cara mencicil setiap bulan.

KPR Rumah ini dibedakan menjadi tiga yakni KPR yang bersubsidi, KPR yang tidak bersubsidi atau non subsidi dan KPR syariah. Tentu saja dalam memilih macam jenis KPR yang tepat perlu di ketahui ter-lebih dahulu mengenai masing-masing jenis KPR tersebut.

Berikut ini adalah beberapa tips & cara membeli rumah menggunakan KPR:

• KPR bersubsidi

Seperti terlihat pada namanya, jenis KPR yang satu ini mendapatkan subsidi oleh pemerintah. Subsidi dari pemerintah ini di berikan sebagai uang muka ataupun suku bunga kredit. KPR yang bersubsidi ini adalah program dari pemerintah, dalam hal ini Jamsostek membantu masyarakat yang memiliki penghasilan rendah agar bisa memiliki rumah sederhana idaman keluarga. Anda dapat mencari informasi mengenai KPR ini pada bank terkait ataupun ke kantor Jamsostek yang terdekat dikota anda.

• KPR non subsidi

KPR ini disediakan oleh bank dengan sejumlah persyaratan perbankan dan mengikuti suku bunga yang telah ditentukan oleh pihak bank terkait. Anda dapat dan bisa membandingkan produk KPR antara satu bank dengan bank yang lainnya untuk mendapatkan KPR yang benar-benar sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

• KPR Syariah

KPR ini sesungguhnya mirip dengan jenis KPR non subsidi atau tidak disubsidi oleh pemerintah. Hanya saja dalam melakukan transaksinya menggunakan prinsip jual beli atau kerjasama sesuai dengan syariat agama Islam yakni musyarakah mutanaqishah atau akad murabahah. Informasi mengenai produk KPR syariah ini bisa diperoleh pada bank-bank syariah.
Sebagian iklan-iklan rumah dijual memang tidak mencantumkan metode pembayaran dengan memanfaatkan fasilitas KPR. Hanya di beberapa bagian iklan-iklan rumah yang dijual mencantumkan metode pembayaran dengan menggunakan KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Tetapi Anda tak perlu berkecil hati, karena baik itu rumah baru ataupun rumah bekas dapat dibeli dengan cara memanfaatkan KPR asalkan memenuhi persyaratan yang berlaku.

Nah, sebagai langkah awal sebaiknya segera saja cari tahu syarat-syarat KPR di bank-bank yang menawarkan produk KPR agar Anda bisa mempersiapkan dokumen-dokumen persyaratan yang di-butuhkan. Kemudian temukan dan juga tandai iklan rumah dijual tersebut yang sesuai dengan anggaran dan kemampuan agar Anda bisa mempersiapkan uang muka untuk pembelian rumah.
Anda membaca artikel Panduan Membeli Rumah Menggunakan KPR dan anda bisa menemukan Anchor Text artikel dengan url http://info-propertykita.blogspot.com/2014/11/membeli-rumah-dijual-menggunakan-kpr.html.

0 comments:

Post a Comment

 
© 2017 Info Properti | Powered by Blogger